Letak dan Luas Daerah Kabupaten Kapuas Hulu

Kedudukan geografis Kabupaten Kapuas Hulu yang merupakan bagian paling timur dari Propinsi Kalimantan Barat, secara astronomis terletak pada koordinat 0º5' Lintang Utara sampai 1º4' Lintang Selatan dan di antara 111º40' sampai 114º10' Bujur Timur, dengan batas-batas wilayah administratif sebagai berikut:.

a. Sebelah Utara berbatasan dengan Negara Bagian Serawak (Malaysia Timur).

b. Sebelah Selatan berbatasan dengan Propinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawi.

c. Sebelah Timur berbatasan dengan Propinsi Kalimantan Tengah dan Propinsi Kalimantan Timur.

d. Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Sintang.

Jarak dari Putussibau (ibukota Kabupaten Kapuas Hulu) dengan Pontianak (ibukota Propinsi Kalimantan Barat) adalah ± 657 km melalui jalan darat dan ± 842 km melalui jalur sungai Kapuas serta ± 1¼ jam penerbangan.

Kabupaten Kapuas Hulu memiliki wilayah dengan luas ± 31.162,87 km², atau mencakup 20.33 % dari luas wilayah Propinsi Kalimantan Barat dan sekaligus merupakan kabupaten terluas kedua setelah Kabupaten Ketapang, yang secara administratif memiliki 23 Kecamatan dengan 4 Kelurahan, 278 Desa dan 703 Dusun.

Untuk lebih jelasnya tentang data Kecamatan, jumlah Kelurahan, jumlah Desa dan jumlah Dusun serta luas wilayah masing-masing kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, seperti pada tabel berikut ini:

Dari total luas wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, seluas ± 390.000 Ha (± 3.900 km²) merupakan daerah perairan atau tergenang (13,7 % dari luas daerah tergenang di seluruh wilayah Kalimantan Barat) dan selebihnya seluas ± 2.726.287 ha (± 27.262,87 km²) merupakan daerah daratan atau daerah tidak tergenang. Dari keseluruhan luas Kabupaten Kapuas Hulu, 1.732.999,97 ha atau ±55,61% merupakan kawasan konservasi dan kawasan lindung dengan rincian sebagai berikut:

1. Taman Nasional Betung Kerihun dengan luas sebesar 800.000 ha.

2. Taman Nasional Danau Sentarum dengan luas sebesar 132.000 ha.

3. Hutan Lindung dengan luas sebesar 800.999,97 ha.

Perkada Pengelolaan Keuangan

Rencana Strategis Pengelola Keuangan Daerah

Rencana Strategis (RENSTRA) SKPD - DPPKAD

Anggaran merupakan rencana keuangan yang memuat mengenai rencana pemerintah daerah dalam rangka pelayanan kepada masyarakat Selengkapnya...

Kerangka Pendanaan Keuangan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu

Anggaran merupakan rencana keuangan yang memuat mengenai rencana pemerintah daerah dalam rangka pelayanan kepada masyarakat yang diwujudkan dalam bentuk program dan kegiatan

Selengkapnya...

Kebijakan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu

Lebih lanjut Arah kebijakan keuangan daerah yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu pada 5 (lima) tahun mendatang dapat diuraikan pada arah pengelolaan pendapatan daerah , arah pengelolaan belanja daerah dan arah pengelolaan pembiayaan daerah. Selengkapnya...

LAYANAN & INFORMASI

Layanan dan Informasi Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu

 

KOMPOSISI ANGGARAN SIPKD AKRUAL SIPKD MODUL ASET
           
 PPID KAPUAS HULU
SIPKD MODUL GAJI APLIKASI E-PAD